Visitasi Ke Madrasah, Bimtek Tindak Lanjut Hasil AKMI Tahun 2023
2023-12-02 12:01:00 | Kontributor : Joni MY | Fotografer : Sugiyanto
Kepala Seksi Penmad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang, Joni MY, bersama Operator AKMI Kabupaten Sintang, Sugiyanto, S. Sos, dan Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang Misran, S. Ag melaksanakan pendampingan tugas Instruktur Nasional BIMTEK AKMI Tahun 2023, Ibu Siti Munawaroh dan Ibu Emy Putri Alfiyah yang berasal dari Provinsi Jawa Timur untuk melaksanakan Monitoring Visitasi ke Madrasah dalam rangka Bimtek Tindak Lanjut Hasil Akmi Tingkat Madrasah Tahun 2023, pada tanggal 29 dan 30 November 2023 ke 9 Madrasah tingkat Ibtidaiyah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang.
Pada hari pertama kunjungan sasaran Visitasi ke Madrasah dalam rangka Bimtek Tindak Lanjut Hasil Akmi Tingkat Madrasah Tahun 2023 adalah MI. Negeri 1 Sintang, MIS. Ma’arif Labschool Sintang, MIS. Al – Fajri Sintang, MIS. Al – Fajri Sintang, MIS. Al – Hikmah Sintang, MIS. Sultan Nata Sintang. Sementara itu pada hari kedua sasaran yang dituju adalah madrasah ibtidiyah di Kecamatan Sungai Tebelian meliputi MIS. Thariqul Huda Nenak, MIS. Bina Insani, MIS. Darul Ilmi dan MIS. Al – Muhajirin, Merarai 1 Pandan. Kunjungan ke 9 madrasah ini, diterima langung oleh Kepala Madrasah dan guru yang diberikan bimtek.
Kegiatan ini merupakan bagian dari Proyek REP-MEQR (Realizing Education’s Promise – Madrasah Education Quality Reform), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. AKMI (Asesmen Kompetenssi Madrasah Indonesia) bertujuan untuk pemetaan mutu pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sscial budaya, yang berfungsi sebagai bahan pemetaan mutu pendidikan di madrasah, bahan referensi akademik dalam mendiaknosa dan tindak lanjut perbaikan proses pembelajaran, dan sebagai bahan dalam penyusunan program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, dengan sasaran siswa kelas 5 MI, kelas 8 MTs, dan kelas 11 MA/MAK.
Sebagaimana yang disampaikan oleh Ibu Siti Munawaroh dan Ibu Emy Putri Alfiyah bahwa hasil dari Pelaksanaan AKMI, berupa Raport AKMI yang memberikan rekomendasi yang dapat digunakan oleh orang tua, guru, kepala madrasah, hingga pemangku kepentingan yang lebih tinggi dalam menyusun strategi peningkatan kompetensi setiap siswa madrasah dalam berliterasi.
Sementara itu Ibu Emy Putri Alfiyah mengatakan bahwa Rapor AKMI berisi hasil diagnostik kemampuan siswa dalam Empat literasi yaitu literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya. Dimana kemampuan anak dalam berliterasi dipetakan ke dalam lima tingkat kemahiran yaitu Perlu Pendampingan, Dasar, Cakap, Terampil, dan Perlu Ruang Kreasi.
Sebagaimana yang disampaikan oleh Ibu Siti Munawaroh bahwa tindaklanjut bimtek adalah pembimbingan kemampuan guru dan kepala madrasah yang dibimtek membaca rapor AKMI untuk kemudian membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang akan menjadi rencana peningkatan pembelajaran di madrasah masing-masing.